Bupati Karo Edukasi Warga Cuci Tangan dengan Sediakan Sabun Antisipasi Corona

Bupati Karo mengedukasi warga

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, didampingi Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan dan Kabag Umum Hotman Brahmana mengedukasi warga dengan menyediakan sabun untuk melakukan cuci tangan di depan pintu masuk Kantor Bupati Karo. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Terkelin kepada wartawan, Senin (23/3/2020), sebelum masuk ke Kantor Bupati mengatakan, akan terlihat tulisan imbauan bagi setiap warga yang lewat, namun diutamakan bagi pejalan kaki, agar singgah dulu di tempat yang telah disediakan untuk mencuci tangan, sebelum melanjutkan perjalanan ataupun memasuki ruangan kantor bupati.

“Tadi kita sudah arahkan buatkan SOP (standar operasional prosedur). Agar anggota Satpol PP selalu antisipasi setiap orang yang masuk. Agar disapa dan diarahkan secara sopan berikan edukasi pentingnya cuci tangan, guna menghindari penyebaran Virus Corona,” jelas Terkelin.

Begitu juga Terkelin, saat memasuki halaman kantor bupati, tetap mengajak masyarakat dan pegawai lainnya untuk antri bersama yang lain. Bupati pun memperagakan cara mencuci tangan yang benar.

“Aktifkan budaya tegur sapa dan budaya antri menjaga ketertiban. Jangan nanti hanya sebatas cuci tangan, ujungnya berebut. Padahal tujuan sama, yakni menjaga kesehatan dan memutus mata rantai Virus Corona,” tambah Terkelin.

Apresiasi Pemkab Karo

Salah seorang warga Kabanjahe, Andi (30) yang sedang melintas hendak mengurus surat ke kantor bupati, ikut berhenti sejenak. Lalu dia ikut antri untuk mencuci tangan.

Andi menilai, sikap edukasi bupati ini cukup luar biasa. Karena masih ada kepedulian untuk masyarakat ‘Bumi Turang’. “Sebenarnya, saya tadi kurang kenal dengan bupati. Tapi dengan sikapnya yang ramah, menunjukkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan sangat mengapreisasi tindakan Pemkab Karo dalam hal mengajak dan mengedukasi setiap orang yang hendak ke kantor bupati.

Iriani juga mengaku, pihaknya juga wajib cuci tangan sebelum masuk ke ruangan Bupati Karo. Dengan tujuan, memberikan contoh teladan bagi yang lainnya, bahwa dalam antisipasi penyebaran Virus Corona, semuanya harus bersinergi tanpa memandang, suku, ras, jabatan, pangkat, dan pekerjaan.

Iriani menilai, ‘action’ ini sunggu baik dan bermanfaat. Serta wajib dilakukan di setiap kantor OPD lainnya. “Kita harus ada kepedulian dan perhatian dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona ini,” pungkasnya.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment